Musik Radio

17 Juni, 2008 at 9:16 am 3 komentar

Kenapa saya menuliskan Musik radio dan bukan Radio Musik. Ini dua kata namun beda makna. Radio Musik adalah Radio Siaran yang menjadikan Musik sebagai format utamanya. Sedangkan Musik Radio sebagai judul tulisan ini adalah musik yang diputar pada program-program di Radio Siaran.

Musik merupakan satu diantara tiga pilar utama siaran radio, selain informasi dan iklan. Malahan hingga hari ini , bagi sebagian besar radio siaran, musik masih menjadi pilar yang mendominasi isi siaran. Nah Radio-Radio dalam kategori inilah yang disebut Radio Musik, karena musiklah yang dijadikan nafas utama menarik perhatian pendengar.


Menyimak perjalanan sejarah radio di Amerika sebagai ekspresi sejarah keradioan dunia, perhatian para pengelola radio untuk menata musiknya dalam siaran terjadi justru waktu radio terlibas kelahiran TV disekitar 1950 an. Tahun-tahun inilah “the olden era” radio memudar.

tetapi kreativitas pengelola radio tidak surut. Mereka berpikir keras apa yang dapat membangkitkan pamor radio. Kiatnya waktu itu memutar rekaman-rekaman musik dari industri rekaman. Maklus, saat itu radio siaran lebih suka menyajikan siaran musik “live” di studio, dengan menampilkan orkes-orkes musik.

Hasilnya? Pupuslah ramalan-ramalan bahwa radio akan hancur gara-gara TV. Malahan radio siaran berkembang hingga saat ini, dan berhasil mendudukkan dirinya sebagai salah satu pilihan media massa dengan kekuatan karakteristiknya sendiri.

Maka kalau diamati kinerja radio siaran masa kini, khususnya dalam penanganan siaran musik, kita akan menemukan fungsi-fungsi dan jabatan dasar, termasuk mekanisme dalam proses produksinya.

Entry filed under: Program. Tags: , , .

Karakteristik Medium Radio Dua Radio di Bali Jalani EDP

3 Komentar Add your own

  • 1. EMULTY  |  3 Juli, 2008 pukul 8:59 pm

    share:

    listen at new window.!

    EMULTY DEMO 77

    Balas
  • 2. Java FM  |  4 Maret, 2010 pukul 12:16 pm

    …atau mungkin anda ingin mendengarkan musik dari radio online? please come visit us, Java FM memutar lagu hits indonesia sepanjang masa nonstop 24 jam

    Balas
    • 3. duniabroadcast  |  20 Mei, 2011 pukul 2:40 am

      terimaksih

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: