Karakteristik Medium Radio

16 Juni, 2008 at 3:33 am Tinggalkan komentar

Radio tetap menjaga mobilitas pendengar untuk tetap tinggi. Dia dapat didengar tanpa harus menghentikan aktifitas kita. Misalnya sambil bekerja didapur, belajar, membaca mengendarai mobil dan sebagainya. Bandingkan bila harus menonton TV atau membaca koran, Maka keberadaan radio tidak akan mengganggu aktifitas kita.

Radio merupakan sumber informasi yang cepat, dalam segi reportase dibandingkan media cetak radio lebih cepat penayangannya dalam meyebarkan Informasi langsung dari tempat kejadian. Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh media cetak karena harus melalui proses cetak dulu. Dan Media Televisi kalaupun mampu melakukannya, biaya operasionalnya relatip mahal dibandingkan radio. Internet juga merupakan media informasi tercepat, namun hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmati fasilitas ini.

Radio merupakan medium suara, namun dengan memanfaatkan karakteristik dari medium ini, yaitu radio bisa menciptakan apa yang disebut “theater of mind” alias mudah membangkitkan imaginasi bagi pendengarnya. Inilah yang perlu di explore oleh seorang broadcaster, bagaimana seorang broadcaster bisa menggoda dan memainkan imaginasi pendengarnya.

Dalam perkembangan Radio modern, dia mempunyai format dan segmentasi yang tajam. Radio bisa mempunyai kecenderungan untuk membidik sasaran pendengar yang lebis spesifik, dan kemudia menyajikan sasaran melalui tatanan format yang spesifik pula. Apalagi dewasa ini radio dihadapkan pada kompetisi yang lebih ketat, apabila masih menggunakan multiformat justru tidak memberi nilai tambah dalam rangka menciptakan potitioning. Radio dengan jumlah yang semakin banyak, sangat memungkinkan untuk menyempitkan format dan segmentasi yang spesifik.

Dengan mengetahui karakteristik radio diatas diharapkan seorang Radio Broadcaster mempunyai arah harus dibawa kemana arah dan kebjaksanaan radionya… semoga bermanfaat.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Penyiar: Bukan Sekedar Hobi Musik Radio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: